Welcome To Viking Peradaban Banten

0 komentar


Bandung - Bangunan Stadion Gede Bage akan dibangun setinggi 5 meter dari permukaan tanah. Hal itu dilakukan untuk mengejar elevasi banjir yang biasa terjadi di daerah tersebut. Namun karena lahan yang digunakan lunak ketinggian akan turun 1,7 meter hingga ketinggiannya menjadi 3,3 meter.

Stadion tersebut memang akan dibangun di atas dari tanah lunak. Maka rekayasa teknologi akan diterapkan agar pemadatan tanah dapat dipercepat. Dengan Prefabricated Vertikal Drain (PVD), tanah lunak setinggi 30 meter di lokasi tersebut yang secara alami padat dalam puluhan tahun, dapat dipadatkan dalam beberapa bulan saja.

Hal itu dikatakan Yayat Ahmad Sudrajat, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Umum Proyek Stadion Gede Bage saat peninjauan di lokasi, Kelurahan Rancanumpang Kecamatan Gede Bage, Sabtu (30/1/2010).

"Tanah lunak setinggi itu baru bisa turun secara alami selama 10 hingga 15 tahun," tuturnya.

Sementara dengan menggunakan PVD, waktu selama 10 hingga 15 tahun dapat disingkat menjadi 6 bulan saja. Hal itu dikatakan Yayat berdasarkan uji kelayakan dari ITB. "PVD akan mengeluarkan air melalui pori," tambahnya.

PVD merupakan suatu material fabricated yang biasanya dikombinasikan dengan pekerjaan pre-load berupa timbunan tanah, dengan maksud memberikan beban pada tanah sehingga air yang terkandung dalam tanah bisa termobilisasi dengan lebih cepat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Vikingbanten | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Viking peradaban banten - All Rights Reserved
Template Created by Vikingperadabanbanten programer Mochamed Bagil
Proudly powered by worldwebsite